Jumat, 17 Juni 2016

Kerusakan Sungai Akibat Ulah Manusia

Sungai adalah salah satu elemen penting yang ada di dalam kehidupan manusia. Sungai sendiri merupakan aliran air yang besar dan memanjang yang mengalir secara terus-menerus dari hulu (sumber) menuju hilir (muara). Banyak sekali manfaat yang diberikan oleh sungai seperti.

1. Sebagai Saluran Irigasi.

Para petani biasanya memanfaatkan sungai sebagai saluran irigasi dikala musim kemarau melanda. Tanpa mengeluarkan biaya para petani sudah bisa mendapat air yang digunakan untuk mengairi lahan pertanian mereka secara gratis. Hal ini bisa sangat bermanfaat sekali bagi petani terutama dikala musim kemarau melanda.

2. Sebagai Saluran Pembuangan Air Hujan.

Salah satu manfaat lain dari sungai adalah sebagai tempat pembuangan air hujan. Hal ini bisa sangat bermanfaat jika terjadi hujan dengan curah yang tinggi. Hujan dengan intensitas yang tinggi bisa menyebabkan banjir di pemukiman warga. Hal ini bisa sedikit teratasi dengan adanya sungai sebagai saluran pembuangan air hujan karena air tersebut akan mengalir ke sungai menuju muara sehingga akan membuat banjir akan lebih mudah surut.

3. Sebagai Bahan Baku Air Minum.

Air merupakan salah satu elemen penting untuk makhluk hidup. Dengan melimpahnya sumber air yang ada di sungai seharusnya masyarakat bisa memanfaatkannya sebagai bahan baku air minum. Namun sepertinya hal ini akan sangat sulit dilakukan mengingat kondisi sebagian sungai yang ada di Indonesia memiliki kondisi yang buruk.

4. Sebagai Objek Wisata.

Dengan banyaknya sungai yang ada di Indonesia seharusnya pemeritah bisa memanfaatkannya sebagai objek wisata. Pemerintah seharusnya bisa mencontoh negara-negara lain yang memanfaatkan sungai sebagai objek wisata. Sehingga potensi-potensi wisata yang ada yang ada di Indonesia bisa di kenal oleh masyarakat luas.

Sebenarnya masih banyak sekali manfaat-manfaat yang bisa didapat dari sungai. Namun sayangnya masyarakat justru tidak memanfaatkan sungai untuk kepentingan hidup mereka sebaliknya mereka malah merusak sungai tanpa memikirkan dampak yang akan ditimbulkan akibat ulah mereka. Sungai yang keruh dan kotor sudah menjadi pemandangan yang biasa di sebagian wilayah di Indonesia, bukan hanya dikota permasalahan seperti itu juga terjadi di desa.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kerusakan sungai seperti:

1. Kurangnya Kesadaran Masyarakat Untuk Menjaga Lingkungan.

Sering kali masyarakat lupa akan pentingnya untuk menjaga kelestarian lingkungan. Terkadang sebagian masyarakat tidak peduli dengan adanya sampah atau kotoran yang menumpuk di sungai. Mereka mungkin tidak tahu bahwa hal tersebut jika dibiarkan secara terus menerus bisa menyebabkan banyak dampak buruk seperti timbulnya beberapa penyakit.

2. Buang Sampah Sembarangan.

Mungkin hal ini sudah menjadi budaya di sebagian masyarakat di Indonesia. Mereka menganggap ini sebagai hal yang sepele, sehingga membuang sampah di sungai sudah menjadi budaya di sebagian masyarakat di Indonesia. Mereka tidak sadar bahwa apa yang mereka lakukan akan berdampak buruk untuk mereka dan lingkungan.

3. Berdirinya Bangunan Liar Di Daerah Bantaran Sungai.

Ini juga merupakan salah satu faktor yang mengakibatkan terjadinya kerusakan sungai. Biasanya hal ini sering terjadi di daerah perkotaan. Kurangnya lahan membuat sebagian masyarakat yang umumnya sebagai pendatang membuat mereka memanfaatkan daerah bantaran sungai sebagai tempat untuk mendirikan bangunan, sehingga menyebabkan daerah sungai menjadi berkurang.

Selain dari faktor di atas sebenarnya masih banyak lagi hal-hal yang menyebabkan terjadinya kerusakan sungai. Dari kerusakan sungai tersebut akan mengakibatkan dampak buruk baik bagi masyarakat ataupun lingkungan. Beberapa dampak yang ditimbulkan akibat terjadinya kerusakan sungai antara lain:

1. Banjir.

Banjir bisa disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor alam dan manusia. Sering kali banjir yang terjadi di daerah kita disebabkan oleh faktor manusia. Akibat dari budaya buang sampah di sungai menyebabkan banyak sampah yang menumpuk sehingga jika terjadi hujan dengan curah yang tinggi akan menyebabkan aliran sungai menjadi tersumbat sehingga akan menyebabkan banjir.

2. Timbulnya Bau Tidak Seda Dari Sungai.

banyaknya sampah yang menumpuk di sungai membuat keadaan sungai menjadi tidak sedap untuk di pandang, selain itu bau yang menyengat juga akan tercium akibat adanya sampah yang menumpuk di sungai.

3. Matinya Makhluk Hidup Yang Ada Di Sungai.

Sering kali sampah yang menumpuk di sungai berasal dari limbah buangan pabrik serta detergen. Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus bukan tidak mungkin makhluk hidup yang ada di sungai akan mati akibat adanya sampah dan limbah tersebut. Jika makhluk hidup yang ada di sungai mati bisa menyebakan terjadinya ketidak seimbangan lingkungan.

Seharusnya kita sebagai masyarakat harus bisa menjaga lingkungan bukan malah merusak lingkungan. Kita bisa melakukan beberapa hal untuk menyelamatakan sungai agar terhindar dari kerusakan seperti:

1. Melakukan kerja bakti untuk membersihkan sungai dari sampah atau kotoran yang menumpuk.
2. Tidak membuang sampah di sungai.
3. Mengenakan denda bagi siapapun yang membuang sampah di sungai.
4. Melakukan sosialisasi terhadap masyarakat tentang dampak yang ditimbulkan akibat kerusakan sungai.
5. Merelokasi masyarakat yang tinggal di daerah bantaran sungai.
5. Membuat sugai menjadi objek wisata.

Kita sebagai masyarakat seharusnya lebih peduli lagi terhadap kelestarian lingkungan, kita tidak boleh mengeluh apalagi menyalahkan pemerintah jika terjadi masalah seperti banjir. Namun pemerintah juga harus turun tangan untuk mengatasi masalah tersebut. Peran aktif masyarakat juga sangat dibutuhkan untuk mengatasi masalah ini sehingga dengan adanya peran aktif masyarakat dan campur tangan pemerintah nantinya masalah kerusakan sungai bisa teratasi.

Itulah yang bisa saya sampaikan, jika ada kurang lebihnya saya minta maaf. Sekian dan terimakasih.
Wassalamuialaikum wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar